Minggu, 14 Oktober 2018

Memberikan Layanan Wake up call


Setiap tamu yang menginap dihotel memiliki tujuan berbeda-beda, ada yang untuk berlibur
bahkan tidak sedikit juga untuk kepentingan bisnis. Tak jarang seorang tamu memiliki sedikit
waktu beristirahat, kadang mereka pergi meninggalkan hotel di pagi hari dan kembali ke
kamar di malam hari untuk beristirahat dan kemudian kembali harus bangun pagi lagi di
keesokan harinya untuk melakukan rutinitas kerja atau bahkan check out di pagi hari dan
bergegas ke bandara untuk mengejar pesawat.
Dari situ banyak tamu yang memerlukan pelayanan “Wake up call” kepada pihak hotel agar
mereka bisa bangun tepat waktu keesokan harinya.

Untuk itu pihak hotel (Operator telepon) harus bisa menyediakan pelayanan “Wake up call”
yang cepat dan akurat guna menghindari terjadinya komplen tamu.

Secara umum ada 2 cara pelayanan “Wake up call” yaitu Automatic dan Manual.

1.Cara Automatic (otomatis) Si tamu bisa menset-up waktu sendiri melalui telepon atau
Televisi yang tersedia di kamar yang secara otomatis akan berbunyi sesuai dengan waktu
yang sudah di tentukan.

2.Cara Manual Yaitu dengan cara si tamu meminta pihak Front office (Receptionist,
Operator) untuk membangunkan mereka sesuai waktu yang mereka inginkan.
Cara ini dirasakan sangat efektif karena dapat lebih memastikan apabila si tamu benar
benar sudah bangun.

Adapun langkah-langkah dalam menangani pelayanan “Wake up call” secara manual
adalah sebagai berikut:

1.Greeting (memberikan salam) dan tawarkan bantuan.
2.Catat semua data yang diperlukan secara akurat.
3.Ulangi permintaan tamu guna menghindari kesalahan.
4.Ucapkan terima kasih dan beri salam.
5.Mencatat semua data pada “Daily Wake up call list”.
6.Serah terima “Daily Wake up call list” kepada rekan kerja di saat pergantian shift kerja.

Daily Wake up call list: Daftar tamu harian yang minta di bangunkan sesuai urutan waktu.

Contoh Daily wake up call list

Adapun data-data yang perlu dicatat dalam memberikan pelayanan “Wake up call” adalah:

1.Nama Tamu
2.Nomer kamar
3.Waktu pasti yang diinginkan
4.Permintaan khusus (Special request)

Dalam melakukan “Wake up call” kita sering menemukan beberapa kendala seperti:

1.Tak ada jawaban dari tamu.
2.Telepon tamu tidak berfungsi dengan baik.
3.Telepon tamu dalam posisi tidak tertutup dengan benar, nada sibuk.

Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah:
a. Laporkan ke Manager yang sedang bertugas (Duty Manager) 
b. kemudian Duty manager akan mengutus Bellboy beserta Petugas security sebagai saksi
    untuk membangunkan tamu tersebut.


1 komentar:

  1. The Best Casino Sites - DrmCD
    Best Casino Sites · 서귀포 출장안마 1. Ignition – Best Overall Casino · 2. Bovada – 오산 출장샵 Best for 광명 출장샵 Slots · 3. 888 Casino – Best for 제주 출장마사지 Blackjack · 4. Cafe Casino – Best for 구미 출장안마 Live Poker · 5. Slot

    BalasHapus