Dalam dunia perhotelan sering kali kita mendengar istilah –
istilah yang dipakai oleh para petugas Front office dalam menjalankan tugas
nya.
Berikut ini adalah beberapa istilah yang paling sering di
gunakan beserta artinya:
A
Advance Deposit: Uang jaminan
yang dibayarkan tamu sebelum tamu tiba di hotel.
American Breakfast: Menu makan
pagi yang berisi biasanya Roti, Sosis, telur dan Jus
Ala Carte: Cara
penyajian makanan satu per satu di suatu meja, di mana setiap jenis makanan di
dalam menu disajikan secara terpisah.
Arrival:
Kedatangan tamu di hotel
Avarage
room rate: Rata – rata harga kamar yang dijual
B
Banguet: Cara
penataan suatu meja berserta makanan dan dekorasinya untuk sebuah acara khusus
Boutique Hotel: jenis
hotel kecil namun mewah. Hotel ini biasanya digunakan untuk orang-orang beduit
yang menginginkan privasi dan kenyamanan.
Budget Hotel: ini
merupakan kebalikan dari Boutique Hotel, yang hanya menyediakan kamar dalam
jumlah sedikit dan dengan fasilitas yang
sederhana.
Buffet:
penyajian makanan secara prasmanan, di mana kita bisa mengambil jenis makanan
yang kita mau sendiri pada meja yang telah disediakan.
Bungalow / Villa:
Bangunan rumah yang disewakan yang letaknya berada jauh dari pusat keramaian.
C
Check
In: Kedatangan tamu untuk menginap di hotel
Check
out: Keberangkatan tamu setelah menginap di hotel
Check In time: Waktu
tamu pertama kali masuk hotel. Meskipun setiap hotel berbeda-beda, tapi
biasanya sekitar jam 12 Siang.
Check Out Time: Batas
waktu tamu hotel untuk meninggalkan hotel. Biasanya sekitar jam 12 siang. Jika
lebih dari waktu yang ditentukan tamu akan dikenakan biaya tambahan lagi.
Cocktail Lounge:
Tempat yang disediakan hotel (Biasanya di area lobby) untuk menikmati minuman
dengan suasana tenang.
Coffee Shop:
Tempat untuk makan dan minum bagi tamu hotel dengan suasana informal.
Collect
call: Smnbungan telpon yang biayanya dibebankan kepada si penerima
telpon.
Concierge: salah
satu fasilitas yang disediakan hotel untuk menangani barang bawaan tamu serta
surat menyurat
Confirmation:
Konfirmasi / persetujuan, biasa digunakan pada bagian pemesanan kamar di hotel
Confirmed Booking:
konfirmasi tertulis dari pihak hotel bahwa pemesanan kita disetujui.
Corparate Rate / Company rate: Tarif
khusus untuk para tamu dari perusahaan (yang sudah ada kontrak kesepakatan) yang
sudah biasa menginap.
Cottage/Villa:
Penginapan yang umumnya terletak di daerah yang masih asri seperti puncak.
D
Daily worker: Pekerja hotel
yang dibayar harian biasanya di butuhkan di saat hotel sedang penuh.
Deposit: Uang jaminan yang
dikenakan pada saat akan menginap
Departure: Keberangkatan
Deluxe Room: Salah
satu jenis kamar di atas kelas standar. Yang membedakan keduanya adalah ukuran
kamar dan fasilitasnya.
Double Room: Kamar
untuk 2 orang yang memiliki ukuran kasur yang besar.
Duty
manager: Petugas Front office yang bertugas mewakili management hotel di
saat mereka sudah tidak berada di tempat/pulang
E
Early Check in: Tamu yang
datang lebih cepat dari waktu menginap normal (Jam 12 siang) atau datang lebih
cepat dari tanggal kedatangan yang sudah disepakati.
Early Check out: Tamu yang
meninggalkan hotel lebih cepat dari tanggal check out yang sudah disepakati.
English Breakfast:
Sarapan pagi ala Inggris. Adapun makanan yang disajikan berupa sereal, telur,
roti bakar, teh, manisan, atau kopi.
Evening
shift: Jam kerja di sore hari dimulai dari jam 15.00 sore hingga jam
23.00 malam
Expected
Arival List: Daftar tamu yang diharapkan datang dan menginap di hotel
Expected
departure list: Daftar tamu yang diaharapkan meninggalkan hotel
Extra Bed: Kasur
tambahan, jika jumlah tamu melebihi kapasitas kasur yang telah disediakan.
F
Food and beverage: sebuah
departemen di hotel yang menangani makanan dan minuman yang disajikan tamu tamu
hotel.
Front Desk / Front office: sebuah
departemen yang berinteraksi (Menerima telpon, menerima pemesanan kamar,
mendaftarkan tamu, menyambut tamu, menangani barang bawaan tamu) secara
langsung kepada tamu untuk pertama kali
Front
desk Assistant / Front desk agent: salahsatu petugas front
office yang bertugas menerima pendaftaran tamu datang serta tamu meninggalkan
hotel
Front
liner: Bagian dari hotel yang bertugas di depan atau yang bertemu
secara langsung dengan tamu
G
Guarantee letter: Surat jaminan
yang dikeluarkan sebuah perusahaan sebagai pembayaran tamu perusahaan
Guesthouse:
Bangunan rumah yang disewakan untuk wisatawan dengan tarif di bawah harga
hotel. Di Indonesia jenis hotel kecil seperti ini biasa disebut wisma atau
mess.
Guest
in house list: Daftar tamu yang sudah menginap di hotel
Group Rate: Tarif
khusus bagi tamu rombongan.
Golf
Case / Golf bag: Barang bawaan tamu yang dipergunakan untuk membawa peralatan
Golf
H
Homestay: Rumah
penduduk yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin menginap.
High Season:
Periode di mana permintaan kamar meningkat sehingga tarif mahal, seperti hari
libur.
Hostel:
Penginapan untuk yang ingin berhemat, biasanya disukai untuk kalangan
backpacker.
Housekeeping:
Petugas hotel yang menjaga kebersihan area hotel dan pengelolaan kamar.
I
Incognito : Status tamu yang
menginap tapi minta di rahasiakan atau dianggap tidak pernah menginap di hotel
sesuai permintaan tamu.
Individual guest: Tamu yang
datang sendiri untuk menginap tanpa perantara
International Direct Dial:
Sambungan langsung antar negara.
L
Late Check in: Tamu yang datang
menginap di malam hari.
Late Check Out: Batas
waktu yang diberikan oleh hotel atas permintaan tamu. Biasanya diberikan untuk
tamu rombongan.
Local
call: Sambungan telpon dalam satu kota
Log
book: Buku komunikasi antar shift kerja yang berisi informasi yang
harus diselesaikan oleh shift lain
Long
distance call: sambungan telpon jarak jauh antar propinsi / kota dalam satu
negara
Low Season:
Periode di mana permintaan kamar menurun sehingga tarif standar/murah, seperti
hari masuk sekolah.
M
Morning
shift: Jam kerja di pagi hari dimulai jam 07.00 hingga jam 15.00 sore
Middle
shift: Jam kerja diantara pagi dan sore dimulai dari jam 12.00 siang
hingga jam 20.00 malam
Manager
on Duty: Manager yang bertugas di weekend atau hari libur
N
Night
Auditor: Petugas yang bekerja di malam hari untuk menghitung semua
transaksi yang terjadi setiap harinya.
Night
shift: Jam kerja malam hari dimulai jam 23.00 malam – jam 07.00 pagi
Non
smoking room: Kamar yang disediakan untuk tamu yang tidak merokok
No show: Tamu
yang sudah melakukan pemesanan kamar tapi tidak datang tanpa kabar
O
Occupancy:
Tingkat huni kamar yang dihitung perhari
Occupied
room: Kondisi kamar yang sudah terisi
Occupied
clean: kondisi kamar yang terisi dalam keadaan bersih
Occupied
dirty: kondisi kamar terisi dalam keadaan kotor
Order
taker: petugas yang menerima pesanan tamu (Housekeeping, Room service)
Out of
order: kondisi kamar yang rusak dan tidak bisa di jual dalam jangka
waktu lama.
Out of
service: kondisi kamar yang rusak tapi bisa cepat diperbaiki
P
Postponed:
status tamu yang sudah memesan kamar tapi minta diundur tanggal
kedatangan nya
Porter:
petugas front office yang bertugas menangani barang bawaan tamu
Public
relation: Suatu departemen yang menangani hubungan hotel dengan tamu
consumen masyarakat luar
R
Reception:
Bagian dari front office yang bertugas menerima tamu menginap, dan memberikan informasi
Reservation:
Pemesanan kamar hotel sebelum tamu menginap, baik melalui telepon maupun
internet.
Room
availability: Ketersediaan kamar
Room charge:
Pembebanan harga kamar
Room change:
Perpindahan kamar
Room rate:Harga kamar yang dijual untuk umum
Room
status: kondisi keadaan kamar
S
Shift: Jam kerja di hotel
Standard Room: Kamar
dengan fasilitas standar yang diberikan oleh hotel. Biasanya tanpa makan atau
diskon.
Suite Room: Kamar
dengan fasilitas lounge area.
Safe Deposit box: Fasilitas
yang diberikan hotel untuk menyimpan barang-barang berharga milik tamu.tersedia
di kamar
T
Twin Room: Kamar
yang berisi dua kasur yang terpisah.
U
Uniformed
section: Seksi yang menangani barang bawaan tamu (Bellboy,porter)
V
Vacant
room: Status kamar tamu yang kosong / belum terisi tamu
Vacant
clean:Status kamar tamu yang kosong dalam kondisi bersih
Vacant
dirty: Status kamar tamu yang kosong dalam kondisi kotor (Habis di
isi tamu)
VIP
guest: Tamu yang sangat penting / berpengaruh bagi hotel
W
Walk –
in guest : Istilah buat tamu yang check – in tanpa melakukan pemesanan
kamar terlebih dahulu
terima kasih atas referensinya..
BalasHapusTerimakasih ini sangat menambah knowledge saya tentang hotel
BalasHapusTerima kasih atas kunjungannya
BalasHapussangat membantu...
BalasHapusSaran saya unggah foto inhouse guest list sama di kasih penjelasan,semoga berkah trimakasih
BalasHapusSangat bermanfat, thank you
BalasHapusTerimah kasih manfaat sekali
HapusTerima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat ^_^
BalasHapusSekedar menambahkan untuk Standard Operating Procedure (SOP) Front Ofiice Hotel menggunakan Software PMS (Property Management System) bisa dilihat di video berikut ini FREE DOWNLOAD Klik Di Sini Semoga bermanfaat ^_^
Good
BalasHapusNice
BalasHapusThanks, so helpful
BalasHapusterimakasih...ini sangat membantu pengetahuan saya tentang hotel
BalasHapusterimakasih...ini sangat membantu pengetahuan saya tentang hotel
BalasHapusTolong dijelaskan pengertian co one button, trimakasih.
BalasHapus